ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV

Jovita Gabriella, Adi Ihsan Imami

Abstract


Abstrak:Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA angkatan 2019/2020 di SMA PGRI 2 Kota Bekasi yang berjumlah 26 orang.Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) masih rendah.Siswa perlu untuk dilatih dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah, karena mampu membuat siswa berfikir tingkat tinggi, serta mampu menyelesaikan sesuai dengan tahap-tahap yang baik dan benar.

Kata-kata kunci:kemampuan pemecahan masalah, persamaan differensial.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Juliana, D. E. (2017). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Pedagogy Volume 2 Nomor 1.

Juliana, Darma Ekawati, Fahrul Basir. (2017). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Pedagogy Volume 2 Nomor 1.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Jurnal FMIPA UPI.

Wahyu Hidayat, R. S. (2018 ). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 2 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.