ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

Kurnia Litha Ramadhani, Dani Firmansyah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X IPS di salah satu SMA Negeri 1 Cikarang Timur yang dipilih secara acak. Pengumpulan data siswa dilakukan dengan teknik tes tertulis dan angket semi terbuka mengenai kesulitan belajar. Data hasil angket kesulitan belajar akan dianalisis secara kualitatif yang kemudian dideskripsikan untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid. Penelitian ini menghasilkan deskripsi mengenai kesulitan belajar siswa pada materi SPLTV sebagai berikut. Siswa belum memahami konsep dan prinsip dari materi SPLTV, siswa masih keliru dalam perhitungan aljabar, dan kendala jaringan.

 

Kata-kata kunci:Kesulitan Belajar, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1–12.

Basuki, N. R. (2012). Analisis Kesulitan Siswa SMK pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Surakarta 2012, 21(2), 97–104.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Hidayat, F. (2010). KAJIAN KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA DALAM MEMPELAJARI ALJABAR.

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., … Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Agung. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 155–163.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.