KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR

Siti Ina Rosyana, Kiki Nia Sania Effendi

Abstract


Abstrak: Tujuan pada peneltian ini untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi bangun datar. Materi bangun datar merupakan salah satu materi pelajaran matematika SMP yang terdapat di kompetensi dasar kelas VIII. Subjek penelitian ini  kelas VIII  di salah satu sekolah SMP yang ada di Karawang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling dan diperoleh sebanyak 36 orang siswa dari kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan koneksi matematis yang berbentuk uraian dengan 4 indikator. Hasil penelitian ini menunjukan tes kemampuan koneksi matematis siswa diperoleh hasil yaitu 36 orang siswa nilai presentase sebesar 100% dengan kategori kemampuan koneksi matematis Kurang Sekali.

Kata-kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Bangun Datar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anandita, Gustine Primadya. 2015. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok”.Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Effendi, K.N.S., Zulkardi, Putri, R.I.I., & Yaniawati, P. (2019). DEVELOPING MATHEMATICS WORKSHEET USING FUTSAL CONTEXT FOR SCHOOL LITERACY MOVEMENT. Journal on Mathematics Education . Volume 10, No. 2, May 2019, pp. 203-214.

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47-57.

Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Penelitian Pendidikan Matematika (Bandung : RefikaAditama, 2018), hlm. 3.

Isnaeni, Ansori, Akbar, Bernard. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education. Volume 01, No. 02, Februari, hal. 309-316.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiman, 2008. “Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama”. Phytagoras, Vol. 4 (1): 56-66.

Rawa, N. R., Sutawidjaja, A., & Sudirman, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning Cycle-7e pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1042-1055.

Utami, V., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa smp pada materi kubus. Prosiding Sesiomadika, 2(1a), 8–16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.