UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM

Luthfi Ajeng Nurhasanah

Abstract


Abstrak. Pada hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Islam Al-Mu’min  pengolahan data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi penerapan pembelajaran model Flipped Classroom dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil olah data N-Gain dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran model Flipped Classroom lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuam pemahaman konsep matematis  siswa. Penelitian ini merupakan  metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Al-Mu’min.

Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Flipped Classroom

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49

Ario, M., & Asra, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 82–88. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2477

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

Fahrudin, F., Netriwati, N., & Putra, R. W. Y. (2018). Pembelajaran Problem Solving Modifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 181. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2556

Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355

Janatin, Y., Hamid, A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2019). Upaya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dengan menggunakan pembelajaran model flipped classroom. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 2(1), 125–139.

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped CLASSROOM PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Edutcehnologia, 3(2), 160–170. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147/5684

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i2.133


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.