MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 TELUK JAMBE BARAT

Eriza Dwi Yuniar, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peningkatan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Teluk Jambe Barat, KarawangTahunAjaran 2019. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur tingkat kepercayaandirisiswadalammatapelajaranmatematika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa ditemukan sebagian besar siswa belum percaya diri dalam mengerjakan soal matematika secara individu karena terlalu sulit dan juga butuh bantuan pada teman, siswa juga belum berani dalam mengerjakan soal atau mengemukakan pendapatnya di depan kelas karena merasa gugup, dan takut ditertawakan temannya bila jawabannya salah, siswa juga belum berani bertanya kepada guru bila ada materi yang susah dipahami. Hal ini menunjukan bahwa rendahnya kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika dikelas.

 

Kata-kata kunci: Kepercayaan Diri, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriani, I., Nursuprianah, I., & Munawaroh, M. (2015). Perbandingan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar Matematika Antara Yang Menggunakan Metode Jigsaw Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Di Kelas Vii Smp Satu Atap Negeri Talun Kabupaten Cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.28

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Andriyani, A. (2012). Pengaruh Percaya Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di Kelas VII MTs PUI Ciwedus Timbang. 66, 37–39.

Mardika, F., & Hasanah, R. U. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMP dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square. AXIOM: Jurnal Pndidikan Dan Matematika, 09(1), 87–98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.