ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Novita Sari Somantri, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak:Kemampuan berpikir kritis matematis adalah proses pembelajaran pada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan daya pemahaman yang berkenaan dengan soal-soal matematis sehingga siswa dapat merumuskan suatu masalah matematis sesuai dengan kaidah yang berlaku. Penelitian yang digunakan adalah sebuah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tinggi atau rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Cikarang Pusat. Pengolahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara memberikan soal tes uraian pada siswa dan menghitung hasil nilai rata-rata siswa. Dan hasil rata-ratanya adalah 60. Kesimpulannya adalah daya berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 2 Cikarang Pusat hasilnya adalah sedang.

 

Kata-kata kunci:Kemampuan Berpikir Kritis, SPLDV.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nugraha, A.J, dkk., (2017). Analisis KemampuanBerpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL.

Journal of Primary Education. 6 (1), Hal. 35-42

Dina Mayadiana S. (2009). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, (Jakarta: Cakrawala Maha Karya),. hal.13

Widana, I. wayan, Adi, S., Herdiyanto, Abdi, J., Marsito, & Istiqomah. (2019). Modul Penyusunan SoalHOTS. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education,1(1), 35-41.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. Penerbit: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.