ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PERSAMAAN DIFFERENSIAL

Rana Rif’ah Efendi, Dani Firmansyah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika kelas 5E tahun ajaran 2019. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah persamaan differensial. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah persamaan differensial masih rendah. Dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa yaitu tidak dapat melakukan strategi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dari soal yang diberikan.dan kesalahan lain dilakukan oleh mahasiswa karena tidak dapat membedakan tahapan penyelesaian pada persamaan differensial faktor integrasi dan persamaan differensial eksak.

 

Kata-kata kunci:kemampuan pemecahan masalah, persamaan differensial.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untukSatuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ningrum, Widya Nia dkk. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online) Jilid 5, No. 8, (https://digilib.unila.ac.id).

Zahriyah, dkk. 2016. Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darus Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Online), Jilid 4, No. 2, (https://jurnal.unsyiah.ac.id).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.