ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Nurul Aisyah, Dani Firmansyah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII di MTs N 4 Karawang pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Diambil masing-masing siswa sebagai subjek yang dipilih berdasarkan kelompok siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep pada meteri bangun datar segi empat. Kategori diambil berdasarkan hasil pengerjaan soal tes siswa yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman konsep dari 34 siswa dikelas VIII berdasarkan nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan terdapat 3 siswa diketegori tinggi dengan persentase 8,82% dengan memenuhi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dan dapat mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematis saja. Terdapat 19 siswa dikategori sedang dengan  persentase 55,88%, belum memenuhi semua indikator secara maksimal, sedangkan siswa pada kategori rendah terdapat 12 siswa dengan jumlah persentase 35,29%, tidak memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep, dimana siswa hanya menuliskan nomor soal saja tanpa memberikan jawaban sama sekali.

 

Kata-kata kunci:Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. [Online] Tersedia: https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033 [3 Januari 2021]

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. [Online] Tersedia: https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552 [16 Januari 2021]

Fadzillah, N., & Wibowo, T. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 140–144.

Hanifah, & Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup kemampuan yang mengharapkan siswa mahasiswa pada program sarjana dan mahasiswa yang akan melanjutkan studi teori-teori dasar dan pembuktian menyebabkan mahasiswa senantiasa. Jurnal of Medives, 2(2), 235–244.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 1st ed.). PT Refika Aditama.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. [Online] Tersedia: https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292 [16 Februari 2021]

Nastiti, A. M., Hepsi, N., & Novaliyosi. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 1–12.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Penerbit Alfabeta.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemahaman Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. [Online] Tersedia: https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897 [17 Januari 2021]

Ujan, R. A. B. (2017). Pemahaman Konsep matematis Siswa dalam Menyelesaikan Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat kelas VII Di SMP Budi Mulia Minggir. Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.