VIDEO EDUKATIF YOUTUBE BERBANTUAN POWTOON APLICATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA SMP/MTs

Linia Lupita, Siska Andriani

Abstract


Abstrak: Peneitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan video edukatif YouTube matematika berbasis etnomatematika berbantuan powtoon materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP/MTs dan mengetahui respon siswa terhadap video edukatif YouTube berbasis etnomatematika berbantuan PowToon aplication sebagai media pembelajaran Matematika. Prosedur dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Develop (Pengembangan), Implementasi (penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Muhammadiyah Bandar Lampung dan siswa SMPN 02 Abung Tinggi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian media pembelajaran oleh ahli untuk mengukur kevalidan media pembelajaran dan angket siswa untuk mengukur kemenarikan media pembelajaran. Pada uji lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 siswa dari MTs Muhammadiyah dan 30 siswa dari SMPN 02 Abung Tinggi diperoleh skor rata-rata kemenarikannya 3,30 dan 3,49 pada kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video edukatif YouTube berbantuan PowToon berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP/MTs layak untuk digunakan sebagai alat bantu proses pembelajaran.

Kata Kunci:  Video edukatif, YouTube, PowToon, Etnomatematika, Bangun   Ruang Sisi Lengkung.                    


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anwar, C. Kampus-Kampus Pilihan Yang Memudahkanmu Dapat Kerja. Yogyakarta: Diva Press, 2014.

Anwar, Chairul. Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCisoD, 2017.

———. Hakikat Manusi Dalam Pendidikan Sebuah Tujuan Filosofis,. Yogyakarta: SUKAP Press, 2014.

Astika, Ridha Yoni, Bambang Sri Anggoro, and Siska Andriani. “Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon.” JP3M: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2019): 85–96.

Budiman, Sani. “Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa.” Accessed March 15, 2020.

Deliviana, Evi. “Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat Dan Problematikanya,” 2017.

Febriana, Lucky Chandra. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Materi Tekanan Mencakup Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Sesuai Kurikulum 2013 Untuk Siswa SMP/MTs.” Universitas Negeri Malang, 2014.

Fiska Komala Sari, Farida, dan M. Syazali. “Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan.” Al-Jabar 7.2 (2013): 135.

Hardianto, Deni. “Media Pendidikan Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 1, no. 1 (2005): 95–104.

Huda, Nuk. “Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 2 (October 30, 2018): 217.

Indriaini, Popi. “Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Kintoko, Imam Sujadi, and Dewi Retno Sari. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Dengan Lectora Authoring Tools Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTS.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 3, no. 2 (2015): 169.

Lestari, Renda. “Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris,” August 2017. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9566.

Mahnun, Nunu. “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).” An-Nida’ 37, no. 1 (2012).

Mardiah, Siti, and Achi Rinaldi. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri.” Desimal: Jurnal Matematika 1, no. 2 (2018): 119–26.

Netriwati dan Mai Sri Lena. Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: press Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Nugroho, Khathibul Umam Zaid, Wahyu Widada, and Dewi Herawaty. “The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning” 8, no. 10 (2019): 6.

Nunuk suyani, achmad setiawan, aditin putra. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

“(PDF) Robert Maribe Branch - Instructional Design (The ADDIE Approach).Pdf | Tira Nur Fitria - Academia.Edu.” Accessed June 22, 2020. https://www.academia.edu/38378022/Robert_Maribe_Branch_-_Instructional_Design_The_ADDIE_Approach_.pdf.

Permatasari, Diana. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018),” 2018.

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Rineka Cipta, 2007.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Vol. 46, 2005.

Putrawangsa, Susilahudin, and Uswatun Hasanah. “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0.” Jurnal Tatsqif 16, no. 1 (August 29, 2018): 42–54.

Rinaldi, Achi. “Pengembangan Media Ajar Matematika Dengan Menggunakan Media Microsoft Visual Basic Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa (Adopsi Langkah Teori Pengembangan Borg & Gall).” JURNAL E-DuMath 4, no. 1 (2018): 1–12.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

Setiawan, aditin putra nunuk suyani, achmad. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Subchan, winarni, Muhammad Syifa’ul, Kistosildan Wawan. Matematika Kelas IX SMP/MTs. 2nd ed. Jakarta: PT. Macan Anjaya Cemerlang, 2018.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: cv AlfaBeta, 2017.

Trina, Zee, Thamrin Kamaruddin, and Dyah Rahmani. “Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Negeri 16 Banda Aceh” 2, no. 2 (2017): 158.

Triwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Yaqin, Ainul. “Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada Materi Pph Pasal 21.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5, no. 1 (2017).

YouTube, L. L. C. “YouTube.” Retrieved 27 (2011): 2011.

Yuberti, Yuberti. “‘ Penelitian Dan Pengembangan’ Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 3, no. 2 (2014): 1–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.