ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Veronika Oktaviana, Indrie Noor Aini

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian yang dilaksanakan ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian yang dilaksanakan ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang dilaksanakan ini yaitu siswa kelas VIII-4 di salah satu SMP Negeri Kota Bekasi sebanyak 3 subjek yang terpilih berdasarkan teknik purposive sampling diantaranya satu siswa kemampuan matematis tinggi dengan berinisial ST, satu siswa kemampuan matematis sedang dengan berinisial SS, dan satu siswa kemampuan matematis rendah dengan berinisial SR. Teknik pengumpulan data pada penelitian yang dilaksanakan ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan satu soal tes kemampuan penalaran matematis berbentuk uraian dengan indikator memeriksa kesahihan suatu argument pada materi aritmatika sosial. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa dan wawancara bahwa siswa kemampuan matematis tinggi dengan berinisial ST dan sedang dengan berinisial SS sudah mampu memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis yaitu memeriksa kesahihan suatu argument, sedangkan siswa kemampuan matematis rendah dengan berinisial SR belum mampu memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis yaitu memeriksa kesahihan suatu argument.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Penalaran , Aritmatika Sosial, Kemampuan Matematis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adilla Nur, Desianty & Nurhabibah, R. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Siswa Dan Self Confidence Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 172–181. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v3i2.2808

Aprilianti, Y., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.167

Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82

Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika)2019,3,1–5. Retrieved From https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2500

Azizah, R. F., Sunardi, & Kurniati, D. (2017). Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan PISA Pada Siswa Usia 15 Tahun Di SMA Negeri 1 Jember. Kadikma, 8(1), 97–104. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5269

Fajriyah, L., & Zanthy, L. S. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 1(3), 211–216. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.140

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157–168.https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474

Mahendra, R., Murtafiah, W., & Adamura, F. (2016). Profil Penalaran Siswa Kelas X SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 487–501. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i1.837

Mualifah, Asri Nasrotul & Lukito, A. (2014). Profil Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42–48. Retrieved From https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12683

Mulyati, B., & Farkhah, E. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.773

Nuralam, N., & Maulidayani, M. (2020). Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Model Air. Numeracy, 7(1), 35–48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Revista Brasileira de Ergonomia.

Purwaningtyas, K. (2019). Penalaran Siswa Smp Terhadap Soal Geometri Tipe Hots Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 95–102. Retrieved From http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/260

Putri, A., & Yuliani, A. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa MA di kabupatena bandung barat pada materti barisan dan deret. Journal On Education, 1(2), 400–409. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.80

Ratau, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. 2(1), 42–59. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v4i1.308

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2019). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Issues in Mathematics Education, 3(2), 111–118. https://doi.org/10.35580/imed


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.