ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 MAJALAYA PADA MATERI POLA BILANGAN

Risma Ramadanti Jaelani, Nita Hidayati

Abstract


Abstrak:  Menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis pada materi pola bilangan merupakan suatu tujuan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G berjumlah 38 orang.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dengan tipe subjektif (uraian)yang diguanakan untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa pada materi pola bilangan. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dari lembar kerja siswa kelas VIII G di SMP Negeri 2 Majalaya mengenai kemampuan koneksi matematis pada materi pola bilangan menunjukan tergolong rendah. Hal tersebut terlihat dari masing-masing indikator yang menunjukan hasil nilai jawaban siswa masih banyak yang belum mampu mencapai indikator dari setiap kemampuan koneksi matematis. Karena nilai yang diperoleh siswa sangat bervariasi dari setiap soalnya, ada yang memperoleh nilai minimum dan maksimum, sehingga hanya 3 indikator yang mampu dicapai oleh sebagian siswa pada kemampuan koneksi matematis.

Kata-kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Materi Pola Bilangan, Pembelajaran Matematika SMP


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau dari Teori Kontruktivisme pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 185-200.

Ananda Pradipta, R., Sanapiah, & Yuliyanti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut. Media Pendidikan Matematika2, 79-87.

Badjeber, R., & Fatimah, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pengajaran MIPA, 18-26.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Farida, E., Alauzi, F., & Zanthy, L. (2019). Analisis Koneksi Matematis Siswa dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Journal On Education, 688-695.

Handayani, P. (2020). Pengaruh Interaksi Edukatif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tembilahan. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 94-107.

Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-13.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 309-316.

Latipah, E. D., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika, 1-12.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 166-175.

Puteri, J., & Riwayati, S. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Conneted Mathematics Project (CMP). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika danMatematika, 161-168.

Ratnasari, E. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa kelas IX SMPN 1 Yogyakarta. Skripsi, 96-99.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksia Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES(Journal of Mathematics Educations and Science), 58-67.

Sriharyati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Accelerated Learning Cycle(ALC). SKRIPSI Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 295-302.

Sudirman, Cahyono, E., & Kadir. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 11-22.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.