PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK(PMR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19

Siska Yulia Rahmi

Abstract


Abstrak:Pembelajaran jarak jauh secara daring yang harus dilaksanakan sebagai konsekuensi dari pandemi covid-19 menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian dilakukan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan motivasi belajar mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakanlembar kerja berbasis pendidikan matematika realistik pada mata kuliah teori bilangan mahasiswa semester III Pendidikan Matematika UNIVA Labuhanbatu. Pelaksanaan Research and Development ini dilakukan dengan model waterfall yang meliputi tahap: analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Kelayakan lembar kerja mahasiswa berbasis PMR dilakukan dengan uji validitas oleh validator, uji coba kelompok kecil, dan penerapannya pada kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase validasi dari ahli materi dan ahli media adalah 81,43% yang menunjukkan bahwa lembar kerja layak untuk digunakan. Hal ini juga didukung dengan perolehan motivasi belajar kelompok kecil yang tergolong tinggi, serta tanggapan positif terhadap lembar kerja berbasis PMR berdasarkan analisis angket tanggapan mahasiswa dengan persentase 84,3% kriteria baik.

 

Kata-kata kunci:Pendidikan Matematika Realistik, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Admin (2020) Surat Edaran Rektor UNIVA Labuhanbatu Nomor: 355/BIRO/UNIVA-LB/III/2020, univalabuhanbatu. Available at: univa.labuhanbatu.ac.id (Accessed: 28 March 2020).

Mendikbud (2020) Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid019), Kemendikbud.go.id. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main.blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19 (Accessed: 25 June 2020).

Nopriana, T. (2015) ‘FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika’, FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), pp. 80–94.

Rahmi, S. Y. (2015) Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lintau. Universitas Negeri Padang.

Sembiring, R. K. (2010) ‘Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan tantangannya’, Journal on Mathematics Education, 1(1), pp. 11–16. doi: 10.22342/jme.1.1.791.11-16.

Sni, M. E. and Hero, H. (2020) ‘Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19’, Riset Pendidikan Dasar, 2(oktober), pp. 207–213.

Sudjana (2010) Metoda Statistika. Bandung: Alfa Beta.

Wijaya, A. (2012) Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuberti (2014) TEORI: Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.