ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Irene Rahel Frensita Ginting, Sutirna Sutirna

Abstract


Abstrak:Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis pesertadidik SMP pada materi system persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Bekasi sebanyak 22 pesertadidik.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes kemampuan pemahaman konsep berupa soal uraian materi system persamaan linear dua variabel yang berjumlah 6 butir soal dan tiap soal mewakili masing-masing indicator kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunaka nmeliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak 17 pesertadidik pada materi system persamaan linear dua variable masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena kebiasaan peserta didik yang hanya menghafal rumusnya saja sehingga mudah lupa dengan materi yang sudah pernah dipelajari sebelumnya.

 

Kata-kata kunci:Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Varaiabel.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budiarti, C. D., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi model pembelajaran M-Apos terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22.

Darmawanti,V. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi: tidak diterbitkan

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44.

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Monariska, E. (2017). Penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus I. Prisma, 6(1), 17–31.

Purba, A. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 237–243.

Sari, S. L., Masykur, R., & Yunian Putra, R. W. (2018). Penerapan strategi The Firing Line terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. AKSIOMA, 7(2), 229–236.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Sari, D. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran tipe Numbered Heads Together terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 2(2), 196–203. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.220

Suharsimi Arikunto.(2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutirna.(2021). Bimbingan dan Konseling (Bagi Guru dan Calon Guru Mata Pelajaran).Yogyakarta: Deepublish (CV.Budi Utama).

Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP pada materi lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197–202.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.