ANALISIS KEMAMPUAN ANALOGI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT

Khusnul Khotimah, Sutirna Sutirna

Abstract


Abstrak:Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan analogi matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi segiempat. metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 33 siswa kelas VIII MTsN 4 Karawang. Instrumen yang diberikan berupa tes yang terdiri dari empat soal yang mengedepankan kemampuan analogi matematis. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis jawaban siswa diketahui bahwa kemampuan analogi matematis siswa tergolong rendah, hal tersebut karena siswa masih kurang mampu menganalogikan permasalahan matematika serta siswa masih belum terbiasa berlatih menggunakan analogi dalam bermatematika.

 

Kata-kata kunci: Analisis, Kemampuan analogi matematis, segiempat.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azmi, M. P. (2019). Analisis Pengembangan Tes Kemampuan Analogi Matematis pada Materi Segi Empat. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 99–110.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, California: Sage Publications.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Maharani, R. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Mojo dalam Menyelesaikan Soal Model Proogramme For International Student Assesment (PISA) ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHedunesa, 5(3).

Permata Azmi, M. (2017). Mengembangkan Kemampuan Analogi Matematis. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 100–111.

Prapita, D., Simamora, R., & Fitriani, S. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTI (Mayers-Briggs Type Indicator) dalam Menyelesaikan Soal Hubungan Gradien Para Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Sarolangon. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Putri, S. M., Afgani, M. W., & Agustiani, R. (2020). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Penalaran Generalisasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(April), 63–70.

Rahmawati, D. I., & Pala, R. H. (2017). Kemampuan Penalaran Analogi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Euclid, 4(2), 717–725.

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.