KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI POLA BILANGAN

Firda Rayyani, Sutirna Sutirna

Abstract


Abstrak:Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pola bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwaringin yang berjumlah 30 siswa. Terdapat 4 indikator yang akan diukur dalam penelitian ini, yaitu fluency, flexibility, originality dan elaborationdalam bentuk 8 soal uraian kemampuan berpikir kreatif matematis. Setelah dilakukan analisis . dari 4 indikator yang ada hanya 1 indikator saja yang sudah dapat dikatakan berhasil dikuasai oleh siswa dalam kemampuan berpikir kreatif matematis. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 25,33 dengan nilai tertinggi sebesar 54 dan terendah sebesar 4. Dari perolehan nilai tersebut rata-rata kemampuan berpikir kretaif matematis peserta didik berada pada kriteria rendah. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII K SMP Negeri 1 Kedungwaringin tergolong rendah.

 

Kata-kata kunci:Pembelajaran Matematika, Berpikir Kreatif Matematis, Pola Bilangan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah, A. S. (2015). Eksplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Matematika Setting Problem BasedLearning. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. (2003). UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. The Coleopterists Bulletin, 1(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.1016/j.cretres.2011.11.017%0Ahttp://www.conabio.gob.mx%0Awww.unal.edu.co/icn/publicaciones/caldasia.htm%0Ahttps://pdfs.semanticscholar.org/9bb8/973866467bf10fef937356ac16349c35874b.pdf?_ga=2.109558917.1250767975.1574828256-287221478.1

Ismienar, S., Andrianti, H., & A., S. V. (2009). Thinking. Malang.

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2009). Higher Order Thinking Skills. In Publication of the Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment. Obtido de: www.cala.fsu.edu (pp. 1–177). Retrieved from : http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf (online)

McGregor, Debra. (2007). Developing Thinking : Developing Learning. Maidenhead : Open University Press.

Munandar, S.C.Utami. 1987. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT. Gramedia.

Munandar, S.C.Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Noer, S. H. 2009 . Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Apa, Mengapa, dan Bagaimana? (pp.521–526). Lampung : Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Yusmanida, D. E. (2014). Pengaruh Gaya Belajar, Kreativitas Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK PIRI I Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.