Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Ice Breaking Games Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik

Aulia Prsiscka, Meriyati Meriyati, Fredi Ganda Putra

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games terhadap kemampuan penalaran matematis; (2) Pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis; (3) Interaksi antara model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis True Exsperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP TMI Roudlotul Qur’an, dengan teknik Simple Random Sampling terpilih kelas VIII D dan kelas VIII G. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games terhadap kemampuan penalaran matematis. Kedua, terdapat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Ice Breaking Games, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Gaya Belajar Peserta Didik.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249

Haines et al, 2019. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Didaktik Matematika. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2059

Mariyam, M., Wahyuni, R., & Setiawan, M. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2815

Ratnawati, R. . E. (2018). Model Pembelajaran ARIAS dengan Laboratorium Mini dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.34

Saregar, A., Marlina, A., & Kholid, I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS ditinjau dari Sikap Ilmiah: Dampak terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2181

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Folia Morphologica.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.