ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 KEDUNG WARINGIN PADA MATERI SEGITIGA

Vivih Atikah Sari, Alpha Galih Adirakasiwi

Abstract


Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedung Waringin pada materi segitiga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 sebanyak 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal uraian pada materi segitiga yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Kedung Waringin. Hasil penelitian ini menunjukkan belum ada siswa yang mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis secara maksimal. Diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada tahap menentukan konsep dalam penyelesaian masalah sebesar 35,66%. Pada tahap merumuskan cara dalam menyelesaikan masalah sebesar 21,32%. Selanjutnya, tahap memberikan argumen dalam menyelesaikan masalah sebesar 15,07% dan terakhir tahap mengevaluasi penyelesaian masalah sebesar 14,34%.

 

Kata-kata kunci: Pembelajaran Matematika, Berpikir Kritis, Materi Segitiga


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Segitiga (Penelitian Pada Smp Kharisma Bangsa). Universitas Islam Negeri (Uin) Syarif Hidayatullah.

Ardiawan, Y. (2017). Hubungan Kemampuan Matematika Dengan Potensi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan. Jurnal Edumath, 3(2), 78–88.

Azizah, D. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Realistik Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 57–69.

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 2(2), 87–94.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan Mipa, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Yogyakarta, 121–126.

Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sman Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.

Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Admathedu, 5(1), 87–105.

Lestari, K. E., & Yudhanegra, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (Ed.). Pt Refika Aditama.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64–72.

Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dengan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 427–434.

Maryanih, M.Afrilianto, & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Kubus Balok. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 751–758.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prisma (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 2, 439–443.

Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. 10(1), 18–32.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 49–59.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.