ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (SPLSV)

Euis Nurul Hasanah, Indrie Noor Aini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIA SMP Islam Telukjambe Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matmatis yang terdiri dari 3 soal dari masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMP Islam Telukjambe masih tergolong rendah.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Sistem Persamaan Linear Satu Variabel, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, (1), 76–89. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/637/

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika (Studi kasus di kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.6

Mahmuzah, R. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP melalui pendekatan problem posing. Peluang, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123

Moma, L. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-efficacy, dan Soft Skills Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif. Disertasi UPI Bandung.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.