KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Devianti Devianti

Abstract


Abstrak:kemampuan berpikir logis merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengambil sebuah kesimpulan berdasarkan pola atau aturan tertentu secara konsisten..Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa bagaimana kemampuan berpikir logis matematis siswa SMP dalam materi aritmatika sosial. Adapun indikator yang digunakan yaitu berpikir runtun, kemampuan berargumen dan menarik kesimpulan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitupendekatan kualitatif dengan metode kajian kepustakaan, dan teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive sampling.

Kata-kata kunci:kemampuan berpikir logis, siswa SMP, aritmatika sosial


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arfianto,H. (2019). Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Fugsi Komposisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Andriawan, B. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Viii-1 Smp Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 No 2 Tahun 2014.

Dewi,A.C.C.(2018). Analisis Pemahaman Siswa Kelas VII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo KediriPada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Aktivitas Belajar SiswaTahun Ajaran 2017/2018. SKRIPSI.

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Hakim, D. L. (2017).Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 1, 10-19. P-ISSN.E-ISSN.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Risandika,O. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas Vii A Smp Negeri 3 Semin Pada Tahun Ajaran 2016/2017. SKRIPSI.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wulandari,S.D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (Sma) Berdasarkan Pola Sidik Jari Arches. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Volume 5, Nomor 1, Juni 2019, ISSN 2477-278X, e-ISSN 2579-9061.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.