ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK SISWA SMA DALAM MATERI GEOMETRI

Anis Dwi Nihayah

Abstract


 

Abstrak:kemampuan berpikir abstrak merupakan kemampuan menyelesaikan masalah matematika tanpa harus menghadirkan objeknya secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa bagaimana kemampuan berpikir abstrak siswa SMA dalam materi geometri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian kepustkaan. Teknik pengambilan subjek dilakukan secara purposive sampling.

Kata-kata kunci:kemampuan berpikir abstrak, siswa SMA, materi geometri


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bell, F. (1981). Teaching andMathematics (in SecondarySchool). Lowa Wm.C. BrownCompany

Chiasara, C., Hakim, D. L & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Educarion (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. Prociding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 66-72). Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Hakim, D. L. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi Teaching Math Training Materials Making Media Prezi. UNESJournal of Community Service, 157-163.

Hong, Y.J. & Kim, K.M. (2016). Mathematical Abstraction. The solving ill-structured Problems by Elementary School Students in Korea. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education: Vol. 12, No. 2, 267-281.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Tahapan Perkembangan Anak dan Pemilihan Bacaan Sastra Anak. Cakrawala Pendidikan, Th.XXIV, No 2.

Nurhasanah. (2010). Abstraksi Siswa SMP dalam Belajar Geometri Melalui Penerapan Model Van Hiele Geometer’s Sketchpad. Tesis. FKIPUPI: Bandung.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandng: Rosdikarya.

Wahyuni, S. E., Sudarisman, S., Karyanto, P. 2013. Pembelajaran Biologi

Model POE (Prediction, Observation, Explanation) Melalui

Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtuil Ditinjau dari Aktivitas

Belajar dan Kemampuan Berpikir Abstrak, Jurnal Online Materi dan

Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(2), pp. 40-49.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Wiryanto. (2014). Level-level Abstraksi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal teknik elektro Universitas Negeri Surabaya 3(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.