KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

Rika Sepriani

Abstract


Abstrak:Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan peserta didik yang tidak hanya sekadar mengetahui saja, tetapi mampu mengungkapkan, menginterpretasi serta memahami suatu konsep atau ide ide abstrak kedalam bentuk yang lebih mudah dimengerti. Tujuan dari pemahaman konsep sendiri agar peserta didik dalam melakukan suatu prosedur secara luwes, akurat, efisien dan tepat.  Artikel ini menjelaskan bagaimana  kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi garis dan sudut. Dimana Garis dan sudut merupakan materi yang terdapat pada kelas VII semester dua yang menjelaskan mengenai jenis jenis garis dan sudut . Sehingga dalam artikel ini memberikan gambaran siswa tentang kemampuan pemahaman konsep matematisnya mengenai materi garis dan sudut. Berdasarkan hasil pemaparan kemampuan pemahaman konsep pada materi garis dan sudut , maka  hal penting tersebut perlu adanya tindak lanjut. 

Kata-kata kunci:kemampuan pemahaman konsep, garis dan sudut.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hakim, D. L., & Kurniasih, R . (2019). BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATERI SEGIEMPAT. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Nugrawati, U., Nuryakin, N., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs di Kota Cimahi Dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 63-68.

Undang-Undang Sisdiknas 2003. 2007. Jakarta: Sinar Grafika.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan exsperiental learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 175-185.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19. Retrieved from http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/9.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S.Rohayati, A. (2003). Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.

Febriyanto, B. (2018). Peningkatan Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 32-44.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Istikomah, D. A. , Jana, P. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA MELALUIPENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PERKULIAHAN ALJABAR MATRIK. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Kesumawati, Nila. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Bandung : Program Pascasarjana UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.