ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINIER

Yuliani Indriani Sitorus, Sutirna Sutirna

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes matematika pada materi program linier. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cibitung kelas XII dengan banyak siswa yang menjawab soal tes adalah 15 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih 2 orang subjek untuk diwawancarai. Kemudian untuk hasil analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini diperoleh nilai tertinggi sebesar 90 dan nilai terendah sebesar 7 dari 100, serta jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap matematika masih sangat kurang dan dapat dikatakan rendah.

 

Kata-kata kunci:Kemampuan Pemecahan Masalah, Program Linier


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, Syaifudin, & Supriadi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier di Kelas XI. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 1–12.

Awaluddin. (2013). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Pada Siswa SMK Negeri 2 Palopo. Universitas Terbuka Makassar.

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Ditinjau Dari Adversity Quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210.

Effendi, K. N. S. (2019). Diktat: Belajar Dan Pembelajaran Matematika (p. 86).

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Pada Materi Himpunan. Jurnal Analisis, 5(1), 59–67.

Hidayat, S. (2019). Sejarah Matematika. Sarana Pancakarya Nusa.

Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah Literasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatiff, 2(3), 101–105.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Provasnik, S. (2012). Highlights From TIMSS 2011: Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth-and Einght-Grade in an International Context. http://nces.ed.gov/pubsearch.

Sarasvati, R. D. P., & Andriani, S. (2019). Belajar Matematika Gernas Tastaka (H. Arifin & S. A. Wibowo (eds.)). Yayasan Mujaddid.

Zulfikar, M. I. A., Achmad, N.,& Fitriani, N. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2003), 1802–1810.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.