ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL RELASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP KARTIKA IV-9 MALANG

Fenny Putri Arfany, Linda Tri Lestari, Nur Fitrianingsih, Mustangin Mustangin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal relasi ditinjau dari kemampuan matematik  kelas VIII SMP Kartika IV-9 Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kartika IV-9 Malang. Banyak subjek penelitian 6 siswa yang dikelompokkan dalam tiga kategori berdasarkan kemampuan matematikanya, yaitu: berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang, dan berkemampuan rendah masing-masing katagori 2 siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan meliputi penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih banyak melakukan kesalahan dalam dalam pemahaman konsep, dan cenderung kurang teliti dalam menyebutkan relasi dan bukan relasi, salah menerapkan relasi dalam bidang studi lain atau kehidupan sehari-hari, dan kesalahan dalam menyajikan data ke dalam bentuk diagram panah, diagram kartesius dan himpunan pasangan berurutan.

 

Kata kunci: kesalahan, kemampuan matematika, relasi

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, N. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dalam Pembelajaran Berbasis Apos. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.34

Cahyawati, Y., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2012). Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar.

Damayanti, N. W., & Mayangsari, S. N. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389

Encyclopedia. (2019). Manajemen Sarana dan Prasaran Penjasorkes di SD Negeri Kota Bengkulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fadzillah, N., & Wibowo, T. (2015). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 140–144.

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Julaeha, S., Mustangin, M., & Fathani, A. H. (2020). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.300

Mustangin, Abdul Halim Fathani, & Teguh Sugiharto. (2019). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS X-IPA SMA ISLAM HASYIM ASY’ARI BATU PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i2:.2236

Mustangin, Suwarsono, S., & Lukito, A. (2020). Mathematic concept representation of high ability student in solving algebraic problem. International Journal of Scientific and Technology Research.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics Overview. Journal of Equine Veterinary Science.

Sari, P. (2017). PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BESAR SUDUT MELALUI PENDEKATAN PMRI. Jurnal Gantang, II(1), 41–51.

Solimun. (2015). Metode Penelitian. 29–40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.