ANALISIS DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARAWANG BARAT

Juleka Sari, Sutirna Sutirna

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar disposisi matematis yang dimiliki oleh siswa kelas VIII SMPN 3 Karawang Barat Tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni angket berjumlah 40 pernyataan yang mencakup (1) percaya diri dalam menggunakan matematika, mengkomunikasikan ide-ide dan memberi alasan, (2) fleksibel dalam mengeksplorasi ide-ide matematis dan mencoba berbagai metode alternatif untuk memecahkan masalah, (3) bertekat kuat, gigih, ulet dalam menyelesaikan tugas-tugas matematika, (4) ketertarikan, keingintahuan dan kemampuan dalam bermatematika, (5) melakukan refleksi diri terhadap cara berpikir, (6) menghargai aplikasi matematika, (7) mengapresiasi peranan matematika. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa disposisi matematis siswa terhadap pembelajaran matematika masih tergolong rendah.

 

Kata-kata kunci: Pembelajaran Matematika, Disposisi Matematis, Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam. JIPMat, 1(2)

Astuti, P. (2017). Peningkatan Disposisi dalam Pembelajaran Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write pada Siswa Kelas VIII A SMP PGRI Bagelen Purworejo Tahun Pelajaran2016/2017 (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).

Andani, M. (2016). Deskripsi Disposisi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Socrates Kontekstual (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Gajah Mada Tahun Pelajaran 2015/2016).

Herlina, E. (2013). Meningkatkan disposisi berpikir kreatif matematis melalui pendekatan APOS. Infinity Journal, 2(2), 169-182.

Imran, A. P., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis Literasi Matematik dan Keyakinan Matematik Siswa SMA Negeri di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 159-168.

Lomri, Y. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP ditinjau dari disposisi matematis (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Mahmuzah, R., Ikhsan, M., & Yusrizal, Y. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).

Nurul, N., Octaviani, A., & Zanthy, L. S. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 57-64.

Rafianti, I., Iskandar, K., & Haniyah, L. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 97-110.

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 108–118.

Sari, A. A. I. (2017, November). Mengembangkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran matematika melalui penemuan terbimbing setting TPS. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal riset pendidikan matematika, 2(2), 175-185.

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta, CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.