ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA KELAS VIII SMP BUDI MULIA TELUKJAMBE

Fityah Rahim, Lessa Roesdiana

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa serta mengetahui faktor yang mnejadi penyebabnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada saat menyelesaikan soal persamaan garis lurus. Metode penelitianini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas VIII SMP Budi MuliaTelukjambe. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat satupun siswa yang melampaui indicator dengan maksimal. Pada indicator memahami, beberapa siswa masih belum mampu untuk menuliskan informasi pada soal. Pada indicator menyusun rancangan masalah, beberapa siswa masih belum mengetahui operasi yang harus digunakan secara lengkap dan tepat. Pada indicator melakukan perhitungan, kebanyakan siswa masih belum mampu untuk menyelesaikan soal nomor 2. Dan pada indicator memeriksa kembali penyelesaian masalah, kebanyakan siswa belum mampu untuk menuliskan kesimpulan hasil akhir dari penyelesaian. Adapun beberapa faktor yang menjadi penyebab diantaranya yaitu tergesa-gesa, kurang teliti, belum memahami informasi pada soal, tidak terbiasa menuliskan informasi serta kesimpulan pada soal, dan kurang memahami konsep operasi hitung yang harus digunakan.

 

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelasi XI SMA Putra juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jural Pemdidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Asbiallah. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII MTs Badrussalam NW Sekarbela dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Tahun Ajaran 2017/2018 [Skripsi]. Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.

Ayu, R., Nurrahmawati, & Deswita, H. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 3 Rambah Samo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Matematika, 2(2). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/110789/pengaruh-penerapanmodel-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-terhadap-kemamp.

Creswell, John, W. (2018). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan CampuranEdisi ke-4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daswarman. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newmann. JEP (Journal Eksakta Pendidikan), 4(1), 73–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/435

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs Pada Materi Perbandingan dan Skala. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 113-122

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331-340.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Edisi ke-2. Bandung: Alfabeta.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14 897

Yulianti, E., Sukasno, & Friansah, D. (2016). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Linggau. Retrieved from http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/Artikel

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.