ANALISIS CARA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Indah Cahyani Putri, Lessa Roesdiana

Abstract


Abstrak:  penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan cara belajar matematika siswa kelas VII A SMP Budi Mulia tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Budi Mulia yang terdiridari 33 siswa yang ditentukan dengan metode sampling jenuh. Teknik mengumpulkan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata jawaban secara keseluruhan ada 40%. Dapat disimpilkan hamper setengah siswa mempunyai cara belajar yang baik pada pembelajaran matematika.

 

Kata-kata kunci: cara belajar, pembelajaran matematika, matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Damayani, R. (2013). Pengaruh Cara Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Purbalingga. Universitas Negeri Semarang.

Dinia, S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 dan Cara Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Matematika. Inomatika (Jurnal Inovasi Matematika), 1(1), 21–30.

Febriani, P. S., & Sarino, A. (2017). Dampak Cara Belajar Dan Fasilitas Belajar Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Manajerial, 2(2), 163. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10584

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1–6.

Meriyanti. (2018). Hubungan Cara Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Ash-Shohibiyah Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Instructional Development Journal, 1(2), 81–87. https://doi.org/10.24014/idj.v1i2.6464

Rohmawati, E. D., & Sukanti, S. (2012). Pengaruh Cara Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 153–171. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.918

Rokhmah, R. N. (2014). Pengaruh Cara Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas IV SD se-Gugus Imam Bonjol Kecamatan Purbalingga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Santoso, C. B., & Suparmin. (2015). Korelasi antara Cara Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Kejuruan Otomotif Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah I Bambanglipuro Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Taman Vokasi, 3(2), 650–661.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suryani, A. I. (2015). Pengaruh Minat dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Universitas Syah Kuala Darussalam.

Widiastuti, P. A. (2013). Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga Siswa Kelas VII SMP Kanisius Pakem Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.