ANALISIS KESIAPAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN E-LEARNINGDALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ahmad Taufik Awami, Heni Pujiastuti

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat kesiapan siswa pada penerapan e-learning dalam proses pembelajaran matematika. Dan untuk mengetahui faktor apa saja yang perlu di perbaiki sehingga penerapan e-learning menjadi lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan atau teori terhadap penelitian pada satu waktu tertentu. Subjek penelitian adalah 22 orang Siswa yang berasal dari 4 SMA Negeri dan 1 SMA Swasta di Provinsi Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket semi terbuka. Teknik analisis yang dilakuakan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tidak siap dengan beberapa perbaikan dalam pembelajaran matematika menggunakan e-learning. Perbaikan yang diperlukan tersebut antara lain 1) membuat koneksi internet yang merata disetiap wilayah; 2) memberikan alokasi keuangan untuk penerapan e-learning; dan 3) membuat rencapa pelaksanaan pembelajaran online dengan jelas baik materi maupun penanaman konsep materi.

Kata Kunci: Kesiapan, Matematika, E-Learning,


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aoun, J. E., & Joseph, E. (2020). Robot-Proof.

Aydin, C. H., & Tasci, D. (2005). Measuring readiness for e-learning: Reflections from an emerging country. Educational Technology and Society, 8(4), 244–257.Firdaus, O. M. (2013). Efektivitas Penggunaan Smart Phone dalam Kota Bandung Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Seminar Nasional IENACO, 316–322.

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Mardhiyana, D., & Nasution, N. B. (2018). Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018, 2007, 31–35.

Sourcebook Edition 3. USA : Sage Publications, 24(1), 109–112. https://doi.org/10.1080/10572252.2015.975966

Moleong, J. Lexy, P. D. (2009). Metode Penelitian Kualitatif.

Moreno-armella, L., & Sriraman, B. (2010). Theories of Mathematics Education. Theories of Mathematics Education, 213–214. https://doi.org/10.1007/978-3-642-00742-2

Muhammad Yahya, H. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia.

Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

National Council of Teachers of Mathematics., & Commission on Teaching Standards for School Mathematics. (1991). Professional standards for teaching mathematics. Natl Council of Teachers Of.

Priyanto. (2007). Model E-Learning Readiness Sebagai Strategi Pengembangan E-Learnin. International Seminar Pro-Ceedings, Information and Communi-Cation Technology(ICT) In Educa-Tion. YogyakartaState University.

Seta, H. B., Wati, T., & Matondang, N. (2016). Analisis Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi E-Learning ( E-Learning Readiness ) Studi Kasus : Upn “ Veteran ” Jakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 2.5-1-2.5-6.

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidi

kan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310

Waryanto, N. H., & Insani, N. (2013). Tingkat Kesiapan (Readiness) Implementasi E-Learning di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. 1(2), 117–124. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2478


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.