PENGEMBANGAN PENDEKATAN SAINTIFIK K-13 BERBASIS MEDIA AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Rizki Kurniawan Rangkuti, Tuti Ariani Nasution, Rahmat Taufik Rangkuti, Nurmasitah Nurmasitah, Miftah Ar-Razy

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Thiagarajan, yaitu model 4D dengan dimodifikasi. Sasaran uji coba dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 2 Labuhanbatu kelas IX-B tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika siswa diperoleh dari peningkatan rata-rata indikator kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika, hasil pencapaian peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika siswa pada Pre Test uji coba 1 adalah sebanyak 21 siswa atau 65,62% dan pada Post Test sebanyak 24 siswa atau 75%. Dari hasil ini dapat disimpulkan terjadi peningkatan jumlah siswa yaitu sebanyak 3 siswa atau sebesar 9,37%. Sementara untuk uji coba 2 hasil pencapaian peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) matematika sisiwa pada Pre Test siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa atau 81,25% dan pada Post Test siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa atau 90,62%. Oleh karena itu dapat disimpulkan terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa atau 9,37%.

 

Kata-kata kunci: Pendekatan Saintifik, Media Autograph, Higher Order Thinking Skill (HOTS)

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamzah, dkk. 2014. Variabel Penelitian Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Publikatama.

Herabudin. 2009. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniawan Rangkuti, Rizki, Marwan Ramli, and Mulkan Iskandar Nasution. 2019. “PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE-STAD TERINTEGRASI ICT.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI 3(1):64–69.

Lubis, SD & Rangkuti, RK. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan ….” 01(01):67–74.

Lubis, Sri Delina, and Rizki Kurniawan Rangkuti. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kelas VIII SMP Negeri 32 Medan.” 01(01):75–86.

NCTM. 2020. “National Council of Teachers of Mathematics.” Retrieved (https://www.nctm.org/).

PISA. 2021. “Principles and Standars for School Mathematics.” Retrieved (https://pisa2021-maths.oecd.org/).

Rangkuti, Rizki Kurniawan, Wahyu Azhar Ritonga, and Sangkot Idris Ritonga. 2020a. “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi 1(1):15–21.

Rangkuti, Rizki Kurniawan, Wahyu Azhar Ritonga, and Sangkot Idris Ritonga. 2020b. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Media Autograph.” Jurnal Pendidikan Matematika Al-Khawarizmi 01(01):7–14.

Sangkot Idris Ritonga, Wahyu Azhar Ritonga, Rizki Kurniawan Rangkuti, Syafaruddin, Bukhari Is, Taisir Nasution. 2020. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Di SMKS Harapan Al-Washliyah Sigambal T.A 2015/2016.” Jurnal Al-Khawarizmi; Jurnal Pendidikan Matematika 1(1).

Sani, R. .. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: TSmart.

Yani, Ahmad & Ruhimat, Mamat. 2018. Teori Dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.