KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Eka Ayu Amieny, Dani Firmansyah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP dalam pembelajaran matematika baik dalam bentuk verbal, gambar, maupun simbolik. Adapun metode penelitiannya yaitu statistik deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Simple Random Sampling, dengan sampel yang didapatkan berjumlah 35 siswa yang berasal dari kelas VIII.A pada salah satu sekolah di Kota Bekasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis (uraian) berupa 6 butir soal yang memuat indikator kemampuan representasi matematis. Dari hasil analisis data terlihat bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII secara keseluruhan masih tergolong rendah. Berdasarkan tingkat kemampuan representasi matematis menunjukkan bahwa dari keseluruhan terdapat 9 siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 26%, lalu 17 siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 48% dan 9 siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 26%.

 

Kata-kata kunci: deskripsi, representasi matematis, pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pbl Dan Ibl Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL TA’DIB, 22(1), 19–25.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22.

Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/83

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2), 33–44.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Triono, A. (2017). "Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan". Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Widiati, I. (2015). Mengembangkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 106. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.571


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.