ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Realita Ajeng Pangestu, Sutirna Sutirna

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa kelas IX SMPN 2 Telukjambe Timur  Kabupaten Karawang tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument non tes yaitu berupa angket berjumlah 20 pernyataan yang mencangkup empat indikator yaitu percaya kepada kemampuan diri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri yang positif dan berani mengemukakan pendapat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa tingkat kepercayaan diri siswa terhdap pembelajaran matematika masih tergolong rendah.

 

Kata Kunci: Pembelajaran matematika, Percaya diri, Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752

Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Batam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 158–164.

Ahmadi, A. (2017). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 9–11. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i1.651

Eliyah, S., Isnani, & Utami, W. B. (2018). Keefektifa Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Power Point. JES-MAT, 4(2), 131–140.

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Ibrahim, M. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Jurnal Tatsqif, 16(1), 55–77. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.133

Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Analisis Self Confidence Siswa Kelas X HT 3 Smk Sangkuriang 2 dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 379–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p379-384

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Rachmaatillah, T., & Fatimah, S. (2018). Pengaruh Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Peningkatan Sikap Percara Diri. Journal FOKUS, 1(1), 21–27. Retrieved from http://www.elsevier.com/locate/scp

Rahayu, R. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada model PMRI. Refleksi Edukatika, 5(2). https://doi.org/10.24176/re.v5i2.591

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wulandari, & Sinambela, N. . (2017). Hubungan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model problem based learning di MAN Kisaran. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8992

Yudha, C. B., & Suwarjo, S. (2014). Peningkatan Kepercayaan Diri dan Proses Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 42–55. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2643


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.