ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP TERHADAP MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Ade Nur Fajarwati, Nita Hidayati

Abstract


Abstrak. Miskonsepsi adalah kesalah pahaman yang terjadi pada pemahaman konsep awal siswa. Miskonsepsi memiliki tiga jenis yaitu klasifikasional, korelasional, dan teoritikal. Dari hasil tes yang diberikan menunjukan bahwa kemampuan siswa masih dibawah rata-rata, dimana rata-rata yang ditetapkan sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa SMP terhadap materi bangun datar segiempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sample berupa purposive sampling atau sample dengan tujuan yaitu mengelompokan siswa berdasarkan jenis miskonsepsinya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes uraian yang berisikan 3 soal untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Dimana dari 35 siswa terdapat 27 siswa mengalami miskonsepsi pada soal nomor 1 poin a, 16 siswa pada nomor 1 poin b, 29 siswa pada nomor 1 poin c, 32 siswa pada nomor 1 poin d, 20 siswa pada nomor 2, 22 siswa pada nomor 3 poin a, dan 22 siswa pada nomor 3 poin b.

Kata kunci: Miskonsepsi, Siswa SMP, Bangun Datar, Segiempat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ainiyah, L. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Materi Geometri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika-S1.

Asbar. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dengn Menggunkan Three Tier Test. Makassar.

Cahyani, F. N. I. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Bangun Datar Segiempat Dibedakan Dari Gaya Kognitif Siswa.

Dahar, R. . (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Listiana, F. (2014). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas VIII SMP N 8 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 pada Materi Tekanan. Surakarta.

Meilanawati, P., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Mengerjakan Soal Teori Bilangan Menurut Tahap Kastolan Ditinjau Dari Gender. 7(2), 182–190.

Natalia, T., Karolin, & dkk. (2016). Miskonsepsi Pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VIII Berdasarkan Proses Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan,1(10).

Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Pesman, H., & dkk. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research.

Salirawati, D. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kimia pada Peserta Didik SMA.

Savitri, M. E., Mardiyana, & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Dalam Benruk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Adimulyo Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(4), 401–413.

Siregar, E., & dkk. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Toni, M., R, Z., & T, A. yani. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Termodifikasi Pada Materi Pecahan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.