ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN KELAS VIII PADA MATERI PERSEGI PANJANG

Indah Nurhasanah, Nita Hidayati

Abstract


Abstrak. Hasil belajaran siswa sangat penting terhadap pencapaian belajar yang diinginkan dengan pencapaian belajar yang baik, dengan memperoleh hasil belajar dibutuhkannya kemampuan-kemampuan dalam proses pembelajaran matematis agar hasil yang di capai dapat menghasilkan hasil yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar matematika siswa SMPN pada kelas VIII dengan materi persegi Panjang. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMPN yang ada di Bekasi, dengan sampel 33 peserta didik, instrumen yang digunakan dalam bentuk tes uraian, dimana instrumen tes ini untuk melihat hasil belajar siswa dalam menyelesaiakan soal yang diberikan, dalam analisis hasil belajar matematika siswa masuk dalam katagori rendah karena di dapat hasil katagori pada tingkat tinggi, sedang, dan rendah, di dapat 11 siswa dengan katagori tinggi, 9 sisiwa dengan katagori sedang dan 13 sisiwa dengan katagori rendah. Maka dapat di ketahui dari data di atas tingkat keberhasilan sisiwa dalam hasil belajarnya masih rendah.

Kata kunci: Hasil Belajar,  Persegi Panjang.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nurul. H. (2016). Meningktkan Hasil Belajar Matematika Pada Sisiwa Kelas IV SDN 005bsamarindu Ulu. Jurnal Pendas Mahakam. 1(1), 81.

Dyahsih. A. S. & Mahmudi. A. (2015) Kefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTS Materi Bangun Ruang. Jurnal riset pendidikan matematika. 2(2), 2.

Malo. M. W. Skripsi.“penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP santo alovsius turi”. (Yogyakarta: Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas santa dharma, 2017) [Online]: https://repository.usd.ac.id/13802/2/131414089_full.pdf.

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Ninik. I. W. Skripsi. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika”. (Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiah, 2016).

Muhlisrarini A. H. (2014) Perencana dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jurnal. 1.(1).

Rahman. R. Y. Dkk. 2017. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisiwa dengan menerapkan pendekatan resource learning pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal penelitian pembelajaran matematika sekolah. 1(1), 73.

Riduwan. (2016) Dasar-Dasar Ststistika. Bandung:alfabeta.

Winda. M. (2017). peningkatan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran matematika menggunakan model quantum teaching. Jurnal pendidikan dasar. 9(1), 1.

Nur. B. (2015). Meningkatkan Aktifitas Siswa dan Hasil BelajarSiswa. Jurnal pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhamadiyah Metro. 4.(1), 84.

Niar. N. A. & dkk (2014).Peningkatan pemahaman siswa. Jurnal. pemahaman konsep pembelajara.

Dwi. Puji. R. (2017), analisis kesalahan siswa pada materi oprasi hitung aljabar dalam pembelajra matematika. Jurnal. Pendidikann matematika universitas PGRI. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.