ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN

Siti Zulaeha Dwi Lestari, Lessa Roesdiana

Abstract


Abstrak. Berpikir erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari bagi manusia, berpikir untuk mengatasi permasalahan yang ada melalui penyelesaian yang tepat tanpa adanya kesalahan dan kendala. Dari jengjang TKA/RA, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi matematika merupakan mata pelajaran wajib yang tak terlepas dari proses berpikir. Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa menjadi salah satu kendala dalam pemebelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pembelajaran matematika pada materi himpunan terhadap kemampuan berpikir kiritis matematis siswa. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas VII G pada SMP Negeri 3 Karawang Barat Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan melalui indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang hendaknya diukur dengan kemampuan subjek dalam menjawab lima butir soal uraian. Setelah dilakukan analisis sesuai dengan indicator, data yang telah diperoleh diolah lebih lanjut untuk mengetahu persentase kategorisasi. Dari hasil analisis dan pengolahan data, pada pembelajaran matematika menunjukkan (0%) siswa berkemampuan berpikir kritis matematis pada kategori sangat baik, (0%) pada kategori baik, (0%) pada kategori cukup, (19,44%) pada kategori kurang, dan (80,55%) pada kategori sangat kurang. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Karawang Barat masih sangat rendah.

Kata kunci: Berpikir Kritis Matematis, Siswa SMP, Himpunan


Full Text:

PDF

References


Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2014). Kemampuan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.584

Fitria, Fitria. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL). Skripsi. Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak diterbitkan.

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & C, T. D. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp kelas ix pada materi kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, 2502–6526(Knpmp I), 276–285.

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Laelasari, I., & Adisendjaja, Y. H. (2018). Mengeksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium Inquiry Sederhana. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 14. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3879

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi fluida dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162–167.

Rahmayani, S. R., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi himpunan. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 7(1), 10–19.

Syahbana. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica, 2(1), 45-57.

Tanjung, Henra Saputra, and Nababan, Siti Aminah. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh." Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan9, no. 2 (2018).

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Umam, K. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalu pembelajaran reciprocal teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.