PENGGUNAAN KONTEKS BUAH JAMBU BIJI DALAM PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BOLA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP

Dwi Rahmadona, Agustiany Dumeva Putri, Feli Ramury

Abstract


Abstrak: Penggunaan konteks buah jambu biji dalam pengembangan LKPD berbasis pendekatan PMRI merupakan salah satu konteks yang dapat digunakan dalam pemahaman konsep pada materi bola. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada materi bola berbasis pendekatan PMRI yang telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan sesuai alur desain pengembangan Tessmer yaitu formative evaluation, yang meliputi tahap self evaluation, expert review dan one to one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 40 Palembang yang berjumlah 30 orang peserta didik. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar  walkthrough, angket, wawancara, dan dokumentasi. Melalui tahapan Tessmer diperoleh kesimpulan bahwa LKPD pada materi bola berbasis pendekatan PMRI ini memenuhi kriteria valid berdasarkan komentar dan saran pada tahap self evaluation dan expert review, sedangkan praktis berdasarkan hasil rekapitulasi angket pada tahap one to one, small group, dan field test.

Kata-kata kunci: Pengembangan, LKPD, PMRI, Bola, Tessmer.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(1), 1-10.

Aripin, U. (2015). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematik peserta didik SMP melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120-127.

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Pada Mata Pelajaran Matematika Peserta didik Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24.

Dewi, I. A. (2014). Pengembangan bahan ajar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan pendekatan matematika realistik untuk peserta didik kelas vii semester. (Skripsi), (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta).

Fannie, Rizky Dezricha dan Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jambi: Jurnal Sainmatika Universitas Jambi, 8(1), 96-109.

Fauzi, A., & Masrukan, M. (2018). Math learning with realistic mathematics education approach (rme) based on open source-ended to improve mathematic communication. Journal of Primary Education, 7(1), 10-17.

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freduental Institute.

Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Haerul, H. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Peraga Benda Konkret pada Peserta didik Kelas VI MI Al Bashirah Makassar (Doctoral dissertation, UIN Alauddin Makassar).

Handayani, N. N. L. (2019). The Effect of Implementation of Environmental-Based Contextual Learning Models on Interests and Learning Outcomes. Jurnal Lensa Pendas, 4(2), 121-135.

Indrayanti, R. D., & Wijaya, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(6), 1-13.

Khoirunnisa, .R. (2019). Pengembangan bahan ajar aritmatika sosial dengan pendekatan matematika realistik indonesia (pmri) untuk siswa kelas vii. (Skripsi), (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang).

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The effectiveness of realistic mathematics education approach on ability of students’ mathematical concept understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91-100.

Mayani, S., & Rizki, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 25-39.

Mulyani, D. S., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pendidikan karakter dalam materi teorema phytagoras. In prosiding seminar nasional pendidikan mipa dan teknologi ii, 1(1), 305-312.

Novitasari, V., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2017). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Peserta didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pratomo, K. A., Darmono, P. B., & Purwoko, R. Y. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis realistik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Prosiding sendika, 5(1), 3-7.

Purnani, .I. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) dengan pendekatan matematika realistik indonesia (pmri) untuk siswa kelas viii. (Skripsi), (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang).

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Gruop.

Sepriady, J. (2018). Contextual teaching and learning dalam pembelajaran sejarah. Kalpataru Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 100-110.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Sudarsana. 2016. Pemikiran Tokoh Pendidikan dalam Buku lifelong learning: policies, practices, and programs. Denpasar: Jurnal IHDN Denpasar, 2(2), 44-53.

Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi pengembangan bahan ajar geografi berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1), 24-29.

Tessmer, Martin. (1993). Merencanakan dan Melakukan Evaluasi Formatif. London Philadehphia: Kogan Page.

Treffers, A. (1987). Three Dimensions. A Model of Goal and Theory Descrption in Mathematics Instruction – The Wiskobas Project. Dordrecht: Reidel Publishing Company.

Uno, H. B., & Ma'ruf, A. R. K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Peserta didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169-185.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(1), 60-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.