PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MATAKULIAH TRIGONOMETRI

Desti Delviana, Nanang Supriadi

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan efektivitas media e-learning berbasis schoology sebagai suplemen pembelajaran matakuliah trigonometri. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).  Prodak divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi yang komponten dimasing-masing bidang.  Sasaran uji coba   prodak adalah mahasiswa  program studi Pendidikan matematika semester III. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi , angket respon pendidik dan mahasiswa, serta tes hasil belajar, Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif  kualitatif dan deskriptif kuantitaf  dengan menganalisis kevalidan, kemenarikan, serta menggunakan effect size untuk perhitungan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata ahli materi yaitu 3,57 sedangkan rata-rata ahli media yaitu 3,39, sehingga dikatagorikan valid dan layak digunakan. Respon pendidik memperoleh skor 2,95  dikatagorikan  menarik sedangkan skor rata-rata uji coba skala kecil yaitu 3,47  serta rata-rata uji coba skala besar  yaitu 3,27  sehingga uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dikatagorikan sangat menarik. Hasil tes belajar yang dilakukan dengan pemberian pretest dan posttes  dengan menggunakan perhitungan effect size (Es) diperoleh Es = 0,79 yang selanjutnya diinterprestasikan  tergolong dalam katagori sedang untuk efektivitas. Berdasarkan data di atas maka produk yang dikembangkan sudah efektif dan menarik  sebagai suplemen pembelajaraan.

 Kata Kunci : Pengembangan, Media E-learning, Schoology, Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1),13-29.

Mahnegar, F. (2012). Learning Management System. Internarional Journal of Business and Social Science, 3 (12), 144-150.

Nazarenko, A. L. (2015). Blended learning vs traditional learning: What works?(a case study research). Procedia-Social and Behavioral Sciences,200, 77- 82.

Nurwani, Rizki Wahyu Yunian Putra, Fredi Ganda Putra, & Nugraha Wisnu Putra(2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar Pada Pembelajaran Matematika. Numerical:Jurnal Matematika Dan Pendidikan 1(2), 97-102.

Rubhan Masykur, Nofrizal, & Muhamad Syazali(2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 8( 2), 177-106

Septiana Wijayanti dan Joko Sungkono (2017).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mengacu Model Creative Problem Solving Berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2), 101-110

Susanto, Ahmad (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar”, Jakarta, Prenadamedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.