PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK

Nurul Muslimah, Rizki Wahyu Yunian Putra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaing (SFAE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaing (SFAE) terhaap self-confidence peserta didik dan pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence  peserta didik penelitian ini menggunakan jenis eksperimen Quasy Eksperimental Design. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII dan sampel pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah Tes Dan Angket. Analisis data menggunakan uji Manova. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pngaruh model pembelajaran stdent facilitator and explaining (SFAE)  untuk meningkatkan kemampuan pemahman konsep matematis, terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan self-confidence peserta didik, terdapat pengaruh model pembelajaran studet facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-confidence peserta didik.

Kata Kunci: student facilitator and explaining (SFAE), pemahaman konsep matematis, self-confidence.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, G., Akbar, M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., Bernard, M., & Siliwangi, I. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education P, 1(1), 14–21.

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Argikas, T. B., & Khuzaini, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Depok. Jurnal Mercumatika, 1(1), 67–79.

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 117–121.

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika Jurnal PijarMipa.

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936

Emilia, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Dan Self-Confidence Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa SMP

Fitria, L., Mustangin, & Nursid, I. (n.d.). Pemahaman Konsep Matematika Dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Menggunakan Model Student Facilitator And Explaining Dengan Metode Peer TeachingJurnal Pendidikan Matematika (JPM).

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syah Kuala University.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 0(0).

Hidayat, R., & Nurrohmah. (2016). Matematis Siswa Mts Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM, 9(1), 12–19.

Melliana, M., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Model Course Review Horay (CRH) Menggunakan Desain Didaktis Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Mulyani, E. (n.d.). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didikJP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika).

Novalia, & Muhamad Syazali. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Aura.

Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2019). Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465–473.

Sari, S. L., Masykur, R., & Yunian Putra, R. W. (2018). Penerapan Strategi The Firing Line Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 229.

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7).

Susanto, H., Rinaldi, A., & Islam Negeri Raden Intan Lampung, U. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 6).

Waningsih, A. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator And Explaining Terhadap Penalaran Matematika Dan Kepercayan Diri SiswaJurnal Riset Pembelajaran Matematika.

Wulandari, P., Mujib, M., Jurnal, F. P.-A.-J., & 2016, undefined. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan perangkat lunak MAPLE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Ejournal.Radenintan.Ac.Id.

Zaini, K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfae) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. In Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika (Vol. 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.