STUDENT WORKSHEET VALIDITY ON TRIGONOMETRIC MATERIAL WITH GENERATIVE LEARNING MODEL

Aisyah Khumairoh, Gusmelia Testiana, Ambarsari Kusuma Wardani

Abstract


Abstrak : Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan validasi LKPD dengan model generative learning pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan tahap expert review yang ada pada alur formative evaluation. Peserta didik di kelas XI MA Al-Fatah Kota Palembang berjumlah 15 orang merupakan subjek penelitian ini. Berdasarkan tinjauan di tahap expert review, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator secara kualitatif, baik dari segi konten, konstruk dan bahasa.Valid dari segi konten, yaitu isi dari LKPD telah sesuai dengan kurikulum, kesesuaian dengan tahap-tahap Generative Learning, soal yang tersedia menggunakan konteks yang mudah dipahami oleh peserta didik, dan materi yang ada pada LKPD sesuai. Valid dari segi konstruk, yaitu pada LKPD, desain dan warna tidak berlebihan. Valid dari segi bahasa, yaitu valid darisegi kualitas teknis yang meliputi kualitas narasi atau penulisan atau bahasa yang digunakan pada LKPD baik, yaitu dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kalimat mudah dipahami dan tidak bermakna ganda, serta konsistensi huruf yang digunakan.

 

Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, Trigonometri, Generative Learning, Expert Review


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afdareza, M.Y., Zuhri, & Sakur. (2016). Pengembangan RPP dan LKPD Matematika dengan Penerapan Pembelajaran berdasarkan Masalah pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1-9.

Akker, Van den, J. (1999). Principles and methods of development research: In Design approaches and tools in education and training , 1-14. Springer Netherlands.

Astari, Tri. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pelangi, 9 (2), 150-160.

Grabowski, B. (2004). Generative learning contributions to the design of instruction and learning. Handbook of Research on Educational Communications and Technology.

Khotimah, K., Ipung, Y., & Rahardjo, S. (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruan Malang, 1, 1-311.

Maharani, L., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2013). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Generative Learning di Kelas VIII SMP Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-17.

Murdiyanto, F. T. (2018). Pengembangan Modul Trigonometri Berbasis Keterampilan Proses Untuk Peserta didik SMA. EKUIVALEN: Pendidikan Matematika, 31(1), 54-59.

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., & Hidayah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematia, 7(2), 212-220.

Putra, S.R. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kerja. Yogyakarta: DIVA Pers.

Riana., Maulani, F.I., & Nurfauziah, P. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMK pada Pokok Bahasan Trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 50-56.

Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika. Jurnal Gantang, 3(1), 41-45.

Sinaga, B., Sinambela, P.N.J.M., Sitanggang, A.K., Hutapea, T.A., Sinaga, L.P., Manullang, S., Simanjorang, M., & Bayuzetra, Y.T. (2014). Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Subarinah, Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas RI.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page.

Wena, Made. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.