ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH: DAMPAK PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING DAN SELF REGULATED LEARNING

Mita Riyana, Farida Farida, Novian Riskiana Dewi

Abstract


Abstrak : Adapun tujuan dari penelitian ini menganalisis pengaruh pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan Metaphorical Thinking dan self regulated learning peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah. Serta Untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan Metaphorical Thinking dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experiment,  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilihat berdasarkan data dan analisis datanya. Desain penelitian yang digunakan adalah posttesst-only control design. Teknik pengambilan sampel kelas pada penelitian ini menggunakan teknik acak kelas.  Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui: Tes soal uraian (essay). untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Observasi untuk menilai model pembelajaran yang digunakan. Angket untuk mengungkap self regulated learning atau kemandirian belajar peserta didik.

 

Kata kunci : Pemecahan Masalah, Self Regulated Learning, IOC

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh kemandirian belajar matematik siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1045–1054.

Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. Prosiding In International Conference On Indonesian Studies" Ethnicity And Globalization.

Anisah, A., & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197.

Fadila, A. (2015). Eksperimentasi Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal E-Dumath, 1(2), 114–122.

Farida. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic Vee terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 111–119.

Fatmawati, H., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).

Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal aljabar kelas VII SMP N 2 Pangkah ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan kognitif impulsif. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11–20.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Gazali, R. Y. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43–54.

Hertiavi, M. d, Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 6(1).

Ifdil, P. Yulianti. A. S. dan. (2016). Self Regulated Learning Siswa Dilihat Dari Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO, 2(1), 98–102.

Ika Wahyuni, M. Subali Noto, A. N. H. (t.t.). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Euclid, 3(1), 491–501.

Jauhar, S. T., Kadir, A., & Wahyuni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 34–39.

Karunia Eka Lestari dan Muhammad Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Bandung). PT. Rafika Aditama.

Lestari, I., & Andinny, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95–108.

Mariya, D., Zaenuri, Z., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model SAVI Berbantuan Alat Peragaterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2).

Martin Bernard dan Eka. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika, 3(2), 79–87.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Ningsih, S. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 88–94.

Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2015). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal On Education, 01(02), 288–296.

Nurbaiti Widyasari, Jarnawi Afgani Dahlan, S. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal FIBONACCI, 2(2), 28–39.

Nurhikmayati, I. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 42–50.

Putra, Holidun. R. Masykur. S. dan F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29–37.

Rahmayani, F., Bahrani, B., & Hadi, S. (2020). Problematika Sistem Pembelajaran Full Day School di SD Islamic Center Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 49–68.

Rimsasi, D. S., & Trihartono, Y. (2018). Menganalisis Metode Pembelajaran Dongeng. Menganalisis Metode Pembelajaran Dongeng, 1–7.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 105–114.

Titin Kurnia Bungsu. Mulkah Vilardi. Padillah Akbar. Martin Bernard. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 01(02), 382–389.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Wahdah, N. (2018). The Development Of K-13 Student Worksheetbased On Discovery Learning Senior High School Students Of X Gradeon The Vector Analysis Material. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 95–104.

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–193.

Wiwit Damayanti Lestari. Yaya S Kusumah dan Stanley Dewanto. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Proyek. Jurnal Indomath, 2(1), 1–8.

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi model PBL dan model GDL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 1–10.

Yuningsih, D. (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Metode JIGSAW Bagi Siswa Kelas XII AP Semester Gasal SMK Negeri 1 Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 2(5), 13–20.

Zulfah, Z. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik Smp di Bangkinang Melalui Penyelesaian Soal Pisa 2015. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 350–362.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.