PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BILANGAN BULAT TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ayu Syifa Safuro, Indhira Asih Vivi Yandari, Trian Pamungkas Alamsyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan bilangan bulat terhadap kemampuan berhitung matematika pada siswa kelas IV B SDN Serang 7. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan alur dari Sugiyono (2011: 408) yang dalam tahapannya meliputi: analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi/uji ahli, revisi produk dan uji coba produk. Hasil analisis ditemukan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran dapat membuat siswa dapat lebih aktif dalam belajar serta dengan menggunakan operasi hitung bilangan bulat yang baru dapat membuat siswa cepat memahaminya serta membuat pembelajaran matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Uji ahli dilakukan dengan ahli desain (media) dan ahli bidang studi matematika (materi) yang diterapkan oleh 2 dosen ahli dan 2 guru. Hasil dari penilaian ahli desain (media) yaitu sebesar 92,5% yang dikatakan “Sangat Layak” dan hasil dari validasi ahli bidang studi matematika (materi) sebesar 87% yang dapat dikatakan “Sangat Layak”. Pada tahap uji coba terbatas dibagi menjadi 2 yaitu angket respon siswa untuk menguji aspek kualitas media dan uji instrumen tes untuk menguji aspek kualitas materi. Hasil uji angket respon siswa sebesar 80% dapat dikatakan “Layak”. Hasil uji intrumen tes sebesar 82% dapat dikatakan “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Papan Bilangan Bulat sangat layak dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika.

 

Kata-kata kunci: Media Papan Bilangan Bulat, Research and Development (R&D), Bilangan Bulat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggoro, Toha. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamzah, A dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2011). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Riduwan. (2009). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode dan Prosedur). Jakarta: Prenamedia Group.

Sudjana, Nana. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualititaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.