ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS: DAMPAK PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL

Luluk Lailul Huda, Ruhban Masykur, Siska Andriani

Abstract


Abstrak: Kemampuan berpikir kritis matematis sangat penting saat pembelajaran. Khususnya pada bidang geometri. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui analisis  pengaruh pembelajaran Treffinger berbantuan media audio visual, terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design, Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Anova dan uji komparasi ganda menggunakan uji scheffe’. Pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling. Pengumpulan data penelitian ini yaitu :Wawancara, Observasi, Tes, Dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes.Untuk mengukur kemampuan berfikir kritis matematis. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova diperoleh nilai > =  artinya terdapat pengaruh pembelajaran treffinger berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis matemaris peserta didik. Adapun kesimpulan uji lanjut bahwa pembelajaran treffinger berbantuan media audio visual memberikan kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih baik dibandingan dengan pembelajaran konvensional berbantuan media audio visual.

 

Kata kunci :Treffinger,  Audio Visual,  Kemampuan Berpikir Kritis.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, F. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 6(1), 133–142.

Ardi, M. (2015). Diskursus Etika Bisnis Islam dalam Dinamika Bisnis Kontemporer. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 47–68.

Asmawati, E. Y. (2015). Lembar kerja siswa (LKS) menggunakan model guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Azis, A. (2015). Menulis Poster dan Slogan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning): Suatu Alternatif Peningkatan Keterampilan Menulis. Semantik, 1(1).

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan kemampuan kreativitas dalam pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 61–72.

Fadhli, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis video kelas iv sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–33.

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70.

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1–9.

Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep dan Kesalahan Prosedur Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 105–115.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Liberna, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penggunaan metode IMPROVE pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Metro, L. A. I., & Metro, A. L. I. (2020). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Labuhan Mulya, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji.

Mujib, & Mardiyah. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al - Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Muliyani, M., Leny, L., & Suharto, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Hidrolisis Garam Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 5 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 86–92.

Nugroho, D. R., & Rachman, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 161–165.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Purnawanto, A. T. (2019). Pembelajaran PAI Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). JURNAL PEDAGOGY, 12(1), 20–37.

Purwanti, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253–266.

Rochaya, M., Fatah, A., & Rafianti, I. (2019). Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Setting Model Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kejujuran. Seminar & Conference Proceedings Of Umt.

Romadhon, B. F. (2018). Model Pendidikan Non Formal Lembaga Bimbingan Belajar Mentari Ilmu 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. J-Pips (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 5(1), 27–39.

Santi, K. A. (2019). Penerapan Dauroh Al-Qur’an Bagi Siswi Kelas X Di Madarasah Aliyah Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 55–72.

Santoso, H., & Sos, S. (2015). Pengembangan berpikir kritis dan kreatif pustakawan dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Univeritas Negeri Malang. Hlm, 1–17.

Sesmiarni, Z. (2016). Model brain based teaching sebagai transformasi paradigma pembelajaran di perguruan tinggi. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2).

Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11–26.

Solihah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Metode Brain-Based Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 55–64.

Suharsono, S., & Yogantara, I. W. L. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 UPAU. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 1(1), 1–11.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48–55.

Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik dalam materi sistem pernapasan pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3).

Winarti, W. (2016). Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.