ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMODELAN MATEMATIKA SEDERHANA

Rahmat Fitra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester V tahun 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana, kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah kesalahan konsep (73,3%), kesalahan prinsip (3%), kesalahan fakta (1,6%) dan kesalahan operasi (5,4%). Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana adalah karena kurangnya pengetahuan konsep dasar matematika mahasiswa, kurangnya pengetahuan mahasiswa memahami lambang (simbol) dan satuan dalam matematika, dan kurang telitinya mahasiswa dalam melakukan perhitungan. Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana adalah: 1) penekanan pembelajaran pada konsep-konsep dasar matematika, 2) pengenalan lambang (simbol) serta satuan-satuan yang benar dan tepat, 3) pemberian soal latihan secara berulang, dan 4) penggunakan media pembelajaran yang tepat pada proses perkuliahan.

 

Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Mahasiswa, Pemodelan Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Z. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus I. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(1), 183-196.

Amir, M. F, (2017). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Materi Nilai Mutlak. Mercumatika, 2 (2), 55-56.

Ardiawan, Y. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4 (1), 147-163.

Ariyunita, N. (2012). Analisis Kesalahan Dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan (Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Karanggede), Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/21133.

Astuty, K. Y, & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 3 (2), 1-7.

Fitria, T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Pada Materi Persamaan dan Pertidak samaan Linear Satu Variabel. Surabaya. MATHEdunesa, 2(1).

Istiqomah, N. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas XI SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 343-352.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’S Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(April), 37-51. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/1362/2/Full Text.pdf

.

Polya, G. (2004). How To Solve It (A new aspect of Mathematical Method). New York: Princetone University Press.

Tumardi. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika dengan Strategi Scaffolding di Kelas III SDN Sutojayan Kecamatan Pakisaji, (1), 4.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.