PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP

Authors

  • Ahmad Muarif Boangmanalu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irvan Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Marah Doly Nasution Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Kemampuan siswa untuk menganalisis, menalar, serta merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasikan masalah matematika dalam berbagai bentuk dan konteks merupakan inti keterampilan matematika. didalam  mengajarkan matematika di Sekolah Menengah Pertama hal yang tidak mudah, bahkan rintangannya sangat banyak sekali dan kendala yang dialami oleh para pendidik. terkhusus pembelajaran yang dapat mendukung keterampilan numerasi, dan memiliki manfaat secara kontekstual dalam memecahkan masalah didalam kehidupan. untuk mengevaluasi dampak dari model pembelajaran berbasis masalah akan kecakapan matematika dan numerik siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 51 Sidikalang merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini memakai metode eksperimen semu serta metode survei kuantitatif dan desain pre-test dan post-test group. dengan mengikutsertakan statistik deskriptif dan statistik analisis inferensial merupakan bagian dari analisis dalam penelitian ini. analisis data awal memakai statistik deskriptif menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah di SMP Swasta Muhammadiyah 51 Sidikalang, kinerja siswa dalam kategori rendah sebesar 24% dan kategori sedang atau tercapai sebesar 76%. Namun, setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, terjadi peningkatan signifikan dalam kinerja siswa. Proporsi siswa dalam kategori sedang meningkat sebesar 20%, sementara proporsi siswa dalam kategori tinggi meningkat sebesar 80%. hasil dari analisis statistik inferensial menggunakan paired sample T-test terlihat kalau nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini mengindikasikan jika penerapan model pembelajaran berbasis masalah berdampak positif terhadap kemampuan matematika dan numerik siswa setelah dilakukan pengujian statistik. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulkan kalau pengaruh model pembelajaran berbasis masalah di SMP Swasta Muhammadiyah 51 Sidikalang Kelas VII memiliki dampak yang positif terhadap keterampilan matematika dan numerik siswa.

 

Downloads

Published

2023-09-30