ANALISIS PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP SISWA KELAS III PADA BIMBEL TERAS BELAJAR

Authors

  • Anisa Putri Muhalimah Universitas Muria Kudus
  • Reni Lestari Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika terhadap peserta didik di kelas III yang berada di Bimbel Teras Belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif . Subjek dari penelitian ini adalah V orang siswa kelas IIISD. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, referensi yang relevan serta untuk pengumpulan data kemampuan pemahaman penalaran dan pemecahan masalah matematika berupa soal tes yang diberikan kepada siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,pertama siswa masih kesulitan dalam bernalar. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa untuk memahami isi dari soal penalaran itu sendiri. Sehingga siswa kesulitan untuk mengerjakan, mencari cara, serta memecahkan masalah dalam soal. Kedua, siswa mampu dalam memecahkan soal dengan mencapai seluruh indikator yang maksimal, hal ini membuktikan siswa mampu memahami bentuk dan maksud soal serta bagaimana memecahkan soal dalam soal itu sendiri. Maka dari itu perlu adanya bimbingan kembali terhadap penalaran siswa.

Downloads

Published

2023-09-30