PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN

Hetty Elfina

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Kelas eksperimen diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan software Autograph dan kelas kontrol diberi pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software Autograph. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa pada pembelajaran berbasis masalah berbantuan software Autograph lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik siswa tanpa bantuan software Autograph.

 

Kata kunci  : Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematik, dan Software            Autograph.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. (2009).Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Ahda, Haryati, dkk. (2013). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1. Medan: Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Arends, R. I. (2008). Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar) Buku Dua. Edisi Ketujuh. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Hin,Kwok. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Menggunakan Software Autograph untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Medan: Tesis Program Pascasarjana Unimed.

Hosnan.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor:Ghalia Indonesia.

Sugianto, dkk.(2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA.Jurnal Didaktik Matematika Vol 1 No. 1.

Utari, Sumarmo. (2005). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Tahun 2002 Sekolah Menengah.Makalah pada Seminar Pendidikan Matematika di FMIPA Universitas Negeri Gorontalo : Gorontalo.

Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika.Bandung : Alfabeta

Trianto.(2011). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.