PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN

Endi Zunaedy Pasaribu, Mesra Wati Ritonga, Ronal Watrianthos, Mairawati Hidayah

Abstract


Abstrak:Pengembangan produk berupa Lembar Kerja Siswa matematika berbasis modeldiscovery learningterhadapkemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI di SMAN 1 Rantau Selatan merupakan tujuan utama yang digunakan dalam penelitian ini.Penelitian pengembangan (R&D) dipilih sebagai jenis penelitian yang digunakan. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate.Produk ini divalidasi oleh validator ahliyang berkompeten dibidangnya.Produk diuji cobakan kepada siswa/i kelas XI Mia 1 di SMAN 1 Rantau Selatan.Langkah berikutnya ditinjau dari keefektifan dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari pengembangan LKS tersebut.Instrumen yang dipakaiyaitulembar validasi, wawancara tidak terstruktur, angket respon siswa dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis.Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis kevalidan, analisis keefektifan dan analisis data tes kemampuan pemahaman konsep matematis.Berdasarkan uji cobaoleh peneliti maka didapatkan hasil keefektifan pengembangan produk yaitu sebesar 3.45 yang artinya sudah efektif jika digunakan dalam proses belajar mengajar, sedangkan nilai angket respon siswa sebesar 3.45 dari skala tertinggi adalah 4. Dan peningkatan pemahaman konsep matematis berada pada kriteria sedang yaitu 0,63. Berdasarkan data tersebut, produk yang dikembangkan sudah efektif dan meningkat.

 

Kata-kata kunci:Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamzah, M. A., & Muhlisrarini. (2014). Metode Discovery. In Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (p. 248). PT RajaGrafindo Persada.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.

Hidayanti, D., & Utami, T. H. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Untuk Smp Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3, 42–56.

Mutmainah, S., & Nurhadi, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Yangaplikatif-Integratif Berbasis Pendekatan Saintifik Development of Applicative-Integrative Student Worksheet Based on Scientific Approach on Reaction Rate Subject. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia UNS, 3(1), 6–12.

Pasaribu, E. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Maju, 4(2), 70–81.

Saefuddin, A. (2014). Pembelajaran Efektif (A. Kamsyach (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP. Center for Science Education, 7, 99–104. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/es.v7i1.1533

Yani, A., & Ruhimat, M. (2018). Inkuiri dan Discovery. In Rachmi (Ed.), Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 (p. 69). PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.