ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA SOAL PROBLEM SOLVING
Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMP .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah SMP dalam menyelesaikan soal problem solving. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VIII di Kota Cimahi, sample berjumlah 30 siswa yang selanjutnya dianalisis hasil jawabannya. Dari data yang sudah didapat lalu dipresentasekan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri atas 6 butir soal dan wawancara secara langsung. Berdasarkan tes uji soal terhadap siswa didapat bahwa sebagian siswa dalam satu kelas sudah memiliki kemampuan pemecahan masalah , adapun sebagian siswa lagi dalam kategori belum memiliki kemampuan pemecahan masalah.
Kata-kata kunci: Analisis, Pemecahan Masalah, Problem Solving.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sman Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47
Holidun, H., Masykur, R., Suherman, & Putra, F. G. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelompok Matematika Ilmu Alam dan Ilmu-Ilmu Sosial. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2022
Leo Adhar, E. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.
Meilando, R., Idris, M., & Murdiana, I. N. (2017). Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas Viii Smp Labschool Untad Palu Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5.
Rio, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Bilangan Bulat. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 70–81.
Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam MenyelesaikanSsoal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 61–68. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
Sri Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84.
Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Stkip Siliwangi Bandung. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.540
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.