PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Ariska Juwita Wijaya, Heni Pujiastuti

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequi valent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 orang siswauntukkelaskontol. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kesalahan sebesar α = 0,05, diperoleh thitung> ttabel(1,917> 1,665), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan dikelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol 46.

 

Kata-kata kunci:Pendekatan Open-Ended, Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amri, S. (2010). Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Kabupaten Gorontalo: PT. Prestasi Pustakara

Ayu, K. R., & Erry, H. (2012). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Batu pada Materi Segi Empat. Malang: Jurnal Online Universitas Negeri Malang.

Fahrurrozi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Open-Ended Berbasis Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16-32.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N.E. (1990). How to Design and Evaluate in Education. New York: McGraw Hill Pub Co.

Frankel, J.R. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. Kanada: McGraw Hill Publishing Company.

Harish, G. C. (2013). Critical Thinking Skills Among Ninth Standard Students in Relation to Gender, Intelligence and Study Habits. International Journal of Education and Psychological Research (IJEPR), 13-20.

Johnson, E.B. (2008). CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Koriyah, N.V & Harta, I. (2015). Pengaruh Open Ended Terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Pensisikan Matematika, 10(1), 95-105.

Lestari, E.K & Yudhanegara, R.M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, N., Yusuf, H., & Purwoko. (2016). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnsl Pendidikan Matematika, 82-95.

Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Siswa Melalui Pmebelajaran Matematika Realistik. FMIPA UNI Yogyakarta 16: Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rohayati, A., Dahlan, J, A., & Nurjannah. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif Dan Reflektif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 17, No.1, 34-41.

Rohayati, E.E. (2010). Critical and Creative Mathematical Thinking of junior High School Students . Jurnal Pendidikan Matematika Vol. IV, No. 2, 2010, 99-106.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: IKAPI.

Shigeru, S. (2005). The Open Ended Approach: A New Proposal for Teaching. Japan: National Council of Teachers of Mathematics.

Shimada, S. & Becker, J.P. (1997). The OpenEnded Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 205-218.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemprorer. Bandung: JICA UPI.

Sumarmo, U. (2011, Agustus 18). Berpikir dan Disposisi Matematik. Bandung: Artikel pada FPMIPA UPI Bandung.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Syarifah, Lely Lilatus. (2017). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siwa. Prima: Jurnal Program Studi Pendidikan dan Penelitian Matematika, 91-101.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Widana., S. &. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah Open- Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha 4, 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.