ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN GEOMETRI

Rismayantini Rismayantini, Siti Nurajizah, Wahyu Hidayat, Euis Eti Rohaeti

Abstract


Abstrak:Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan geometri. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, penelitian ini diujikan pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Tut Wuri Handayani yang berjumlah 19 orang siswa. Instrumen penelitiannya merupakan instrumen tes yaitu 4 butir soal mengenai materi barisan geometri. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan geometri yaitu kurangnya kelengkapan informasi termasuk penulisan informasi diketahui, penulisan rumus maupun penulisan kesimpulan, belum mampu menentukan rasio, masih kebingungan mengenai rumus yang akan digunakan, belum mampu menentukan suku ke-n serta kelirunya proses perhitungan.

 

Kata-kata kunci: Barisan Geometri, Deskriptif Kualitatif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyono, A. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Priyo, D. (2011). Masalah-Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Malang: Widya Warta.

Rohaeti, E. E. (2012). Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates. Infinity, 1(2).

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widodo, S. A. (2013). Analisa Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Jilid 46(2), 106-113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.