ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Giska Pramudya Adi Patra, Heni Pujiastuti

Abstract


Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita dengan materi sistem persamaan linear tiga variabel. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu menggunakan sampel terbatas pada siswa kelas X dilingkungan pada salah satu daerah pada Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah berupa jawaban dari soal uraian berjumlah lima soal dan lembar wawancara . Hasil dari penelitian ini terlihat ada bermacam-macam kesalahan yang dilakukan oleh para siswa dalam menjawab soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel . Dengan rata-rata tingkat kesalahan siswa dalam menjawab soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel sebanyak 24% dan sisanya 76% siswa dapat menjawab soal soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel dengan baik dan benar.

 

Kata-kata kunci:Analisis kesalahan, deskriptif kualitatif, sistem persamaan linear tiga variabel.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu, Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arioli, M., & Laratta, A. (1985). Error analysis of an algorithm for solving an underdetermined linear system. Numerische Mathematik, 46(2), 255-268.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Evianti, N., Jafar, J., Busnawir, B., & Masi, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 138-149.

Faisal, F., & Maryulianty, L. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Taksonomi Solo. Numeracy Journal, 6(1).

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).

Kuswanti, Y., Sudirman, S., & Nusantara, T. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 865-872.

Leonard, L. (2015). Kajian peran konsistensi diri terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Marisa, G., Syaiful, S., & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77-88.

Maryanti, E. (2018, June). Design of Teaching Material Literacy Mathematical Nuanced in Junior High School Students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1028, No. 1, p. 012140). IOP Publishing.

Siagian, T. A., & Munaldus, M. A. (2016). Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(06).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Travis, B. P. (1981). Error Analysis in Solving Algebra Word Problems.

Wahyuni, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.