ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Fajar Kosasih, Heni Pujiastuti

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian kualitatif deskriptif ini ialah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyelesaikan soal materi SPLDV. Data yang didapat bersumber dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang berjumlah 5 yang telah belajar materi SPLDV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa jawaban dari soal preetest SPLDV yang berupa soal yang berjumlah 5 butir soal uraian. Jenis wawancara yang disini yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis wawancara terstruktur dan juga mengembangkan pertanyaan sesuai dengan jawaban responden. Dengan ini dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesalahan responden dalam menyelesaikan soal cerita lalu akan dianalisis data tersebut kemudian dideskripsikan dengan menggunakan kata-kata lalu pada akhir akan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian dengan presentase kesalahan per nomor 1 ialah sebesar 5%, presentase kesalahan per nomor 2 ialah 20%, presentase kesalahan per nomor 3 ialah sebesar 20%, presentase kesalahan per nomor 4 ialah sebesar 30%, dan presentase kesalahan per nomor 5 ialah sebesar 55%. Hal-hal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan ialah keterampilan dalam membaca atau keterampilan pemahaman siswa yang sangat terbatas, siswa belum terbiasa mengerjakan soal uraian, pengaturan waktu yang kurang baik dan siswa belum benar-benar paham mengenai materi SPLDV ini, dan siswa juga sangat lemah pemahaman konsepnya sehingga materi ini terasa sangat sulit untuk dikerjakan.

 

Kata kunci: Analisis kesalahan siswa, Soal cerita matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Arvyaty, Salim, & Maryanti, E. (2018). Design of Teaching Material Literacy Mathematical Nuanced in Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 0–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012140

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika , 14 ( 2 ), 2019 , 199-210 Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. 14(2), 199–210.

Deswita, H. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian di kelas iv sekolah dasar. 4(2), 115–120.

Dzakiyah, N. (2018). THE INFLUENCE OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION , SKILL , AND PERSONALITY TOWARDS ENTREPRENEURSHIP INTENTION FOR STUDENTS IN SMKN 1 BUDI UTOMO JAKARTA. May.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51. https://jurnal.unej.ac.id/index.php

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’S Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(April), 37–51. http://digilib.unimed.ac.id/1368/2/Full Text.pdf

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Matematika, J. P. (2013). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 No 1, November 2013. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 No 1, November 2013, 1(1), 41–52.

Matematika, J. P., & Wahyuni, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial (Analysis of Student’s Mistake in Solving Story Problems Social Arithmetic). 11(1), 67–76. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022

Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013

Raduan, I. H. (2010). Error analysis and the corresponding cognitive activities committed by year five primary students in solving mathematical word problems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3836–3838. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.600

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Rejeki, S., & Surakarta, U. M. (2018). KNPMP III 2018 ISSN : 2502-6526 KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ISSN : 2502-6526 Book of KNPMP III 2018. 268–277.

Romadiastri, Y. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 76. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.419

Sardin, F. N., & Manurung, M. M. H. (2016). Analisis Kesalahan Jawaban Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-soal Program Linear di Kelas X Akuntansi SMK YPK Kotaraja Jayapura. 3(1), 10–16.

Sarwoedi, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 12. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.691

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Matematika, 19(2), 123–130.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Wulandari, D., & Harumi, E. (2014). Hasil Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Peserta Didik Smk Antartika 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 35–44.

Yuliana, C., Sanusi, & Maharani, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kemampuan Siswa. Educatif: Journal of Education Research, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.36653/educatif.v1i1.3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.